Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Wednesday 29 October 2014

Minim Peserta, 50 Nomor Dihapuss



sultan palembang
PALEMBANG - Persiapan Asean University Games (AUG) atau Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Asean XVII Palembang-Indonesia Desember 2014 memasuki babak baru. Yakni cek kesiapan pelaksanaan dengan menghadirkan Chief de Mission (CDM) atau ketua kontingen 11 negara peserta di Griya Agung, kemarin siang.

Hasilnya cukup mengecewakan. Dari ratusan nomor yang dipertandingkan, 50 di antaranya dihapus atau urung dipertandingkan lantaran minimnya peserta. Joko Pramono, ketua deputi I bidang pertandingan AUG 2014, mengatakan,  jumlah cabor yang dipertandingkan tetap 20, namun ada beberapa nomor di batalkan. “Total 50 nomor canceled (dihapus) karena kurang dari tiga peserta, sehingga tidak memenuhi syarat pertandingan,” katanya kepada Sumatera Ekspres.

Lanjut Joko, nomor yang dibatalkan, termasuk dalam cabor atletik, sepak takraw, renang, pencak silat, karate, diving dan beberapa nomor cabor lainnya. Bahkan, tercatat sebagian besar cabor yang dikurangi. “Jumlah nomor yang dibatalkan bervariasi. Ada tiga, sampai empat,” beber dia.

Tambah Joko, ada nomor cabor hanya diikuti tiga peserta namun tetap dipertandingkan. Syaratnya, pemenang hanya satu dan dua saja. ”Sebenarnya, tiga peserta tidak boleh. Namun diputuskan boleh, tapi yang mendapat medali juara satu dan dua.”

Sekretaris Umum KONI Sumsel, Maryama Bustama menambahkan, sejauh ini persiapan POM Asean terus dikebut dan dirampungkan. Mengingat, waktu pelaksanaan semakin dekat.  ”Memang sebelumnya, ada beberapa kendala yang belum clear namun sudah selesai  hari ini (kemarin, red),” tukasnya.

Terpisah Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyambut baik kedatangan perwakilan utusan negara peserta AUG. “Selamat datang di Sumsel, kami berharap semuanya bisa merasa nyaman di sini,” ujarnya di sela welcome dinner bersama delegasi negara peserta AUG 2014, tadi malam.

Alex mengenalkan berbagai kebudayaan Sumsel seperti tarian Gending Sriwijaya dan makanan kuliner khas Sumsel. Karena, semua kebudayaan yang dimiliki tetap dipertahankan dan menjadi warisan budaya yang tidak ternilai harganya.

“Inilah yang bisa kami kenalkan kepada semua peserta dari berbagai delegasi negara di ASEAN. Semuanya kami harapkan bisa menjadi kenangan yang tidak terlupakan untuk semua,” ungkapnya.

Dalam welcome dinner tersebut  hadir semua delegasi negara peserta AUG 2014, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Timor Leste, Filipina, Laos, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja, Myanmar dan Indonesia sendiri sebagai tuan rumah.

Para delegasi yang hadir ke Sumsel itu melakukan pertemuan koordinasi terkait kegiatan AUG 2014 itu dan juga meninjau lokasi venue yang menjadi tempat pelaksanaan AUG 2014 pada 9-19 Desember mendatang. “Kehadirannya dari 29-30 Oktober. Selama itu, semua teknis dan persiapan kegiatan dan yangkai perlombaan dibahas,”  ungkapnya.

 Ketua Panitia Pelaksana AUG XVII, Prof Dr Hj Badia Perizade MBA, menuturkan saat ini sudah ada sebanyak 1.822 orang atlet yang dikirim dan akan mengikuti event tersebut juga ada sebanyak 1.268 orang ofisial.

Totalnya, kata dia, akan ada sebanyak 3.150 orang yang terlibat dalam AUG XVII tersebut. “Rencananya akan ada beberapa negara yang akan ikut kegiatan AUG XVII di antaranya Jepang, Korea Selatan dan sebagainya,” kata dia.

Dalam AUG tersebut, lanjut Badia, ada 20 cabang olahraga yang diperlombakan yakni renang, loncat indah, panahan, atletik, bulutangkis, basket, voli pantai, catur, anggar, sepakbola, futsal, karate, pencak silat, pentaque, sepak takraw, tenis meja, tennis lapangan, dan taekwondo.