Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Monday 29 September 2014

Oktober, Musi II Buka-Tutup



PALEMBANG – Progres duplikasi Jembatan Musi II sudah mencapai 90 persen. Mulai minggu kedua Oktober, akan dilakukan pemasangan pelengkung utama. Untuk keamanan pelayaran, diberlakukan sistem  buka tutup di kawasan perairan tersebut.

“Sudah ada kesepakatan dengan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) serta pihak terkait tentang rencana buka tutup ini. Pelengkung utama jembatan sudah disiapkan, tinggal diangkat,” jelas Ahmad Truna Wijaya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kota Metropolitan Palembang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III, Senin (29/9).

Katanya, untuk memasang pelengkung dengan berat 50 ton itu, kondisi ponton pengangkatnya harus benar-benar stabil. Ditambahkan Azwar Edi, PPK P2JN Metropolitan, sistem buka tutup menggunakan format 3:10.

“Pelayaran ditutup tiga minggu, dibuka 10 hari. Begitu seterusnya hingga pemasangan pelengkung utama selesai,” bebernya. Selama ditutup, kapal dengan muatan besar, khususnya kapal pengangkut batu bara yang sering lewat, mau tidak mau setop dahulu untuk sementara waktu. Sedangkan kapal kecil, masih bisa lewat di pinggir sungai.

“Kami optimis duplikasi dapat selesai Desember nanti. Semua rangka jembatan sudah terpasang,” tutur Azwar sembari mengakui  duplikasi Jembatan Musi II ini molor dari target Oktober selesai. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkot untuk pembangunan taman atau ruang terbuka hijau di bawah jembatan.