Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Friday 19 September 2014

Senin, Hujan Buatan Dilakukan di Sumsel


JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan tambahan dana sebesar Rp16 miliar untuk pemadaman titik api di wilayah Sumsel. Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan BNPB telah memberikan bantuan dana miliaran untuk penanganan masalah tersebut.

Selain dana BNPB juga akan melakukan hujan buatan di wilayah Sumsel pada Senin (22/9) mendatang. "BNPB berikan bantuan senilai Rp12,2 milyar kepada BPBD Sumsel untuk penanganan karlahut (kebakaran lahan dan hutan). Lalu menyiapkan Rp16 miliar tambahan sesuai kebutuhan yang ada," jelasnya, Jumat (19/9) di Jakarta.

Selain anggaran, Pemprov Sumsel telah meminta bantuan kepada BNPB untuk menambah kekuatan helikopter pemboman air dan operasi hujan buatan. Saat ini sudah ada 1 heli Bolco dan 1 heli MI-8 sejak Juli lalu. 
Kepala BNPB, Syamsul Maarif telah memutuskan bahwa hujan buatan akan dimulai Senin (22/9) dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU. BPPT akan melakukan operasi hujan buatan hingga Oktober nanti sesuai kebutuhan.

"Operasi udara dengan pemboman air juga akan diperkuat dengan mendatangkan 2 helikopter Kamov dari Johor Baru yang akan tiba di Palembang 29-9-2014," katanya.

Tambahan lagi, dua unit pesawat aphibi "Air Tractor" dari Australia yang diperkirakan akan tiba di Palembang 30 September mendatang. Satu unit heli Kamov dari Riau akan dipindahkan ke Palembang jika diperlukan. Ground Mist Generator juga ditambah 6 unit di Palembang. Pemprov Sumsel tetap sebagai pemegang komando