Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Thursday 30 October 2014

Ribuan Buruh Tuntut UMP Naik


PALEMBANG - Ribuan buruh menggunakan baju merah dengan berbagai asal kesatuan buruh berkumpul di pelataran Benteng Kuto Besak, KAmis (30/10). Aksi tersebut dalam rangka menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) di Sumsel tahun mendatang.

Suyono Yakub, perwakilan Front Buruh Rakyat Sumsel Bersatu mengatakan ribuan buruh tersebut berjalan (long march) dengan rute BKB - Jalan Sudiman - Simpang IP - Radial - DPRD Provinsi Sumsel.

"Kami menuntut kepada Pemerintah Daerah yakni melaksanakan Pasal 33 UUD 1945, menaikkan UMP sesuai KHL Rp3.490.000, menolak kenaikan BBM dan membangun sistem pendidikan yang bervisi kerakyatan untuk kemandirian bangsa," ujarnya.

Ia menuturkan, kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh Rezim Jokowi-JK per 1 November 2014, apalagi dibarengi dengan rencana penetapan UMP Sumsel tahun depan yang dipandang ada unsur liberalisasi ekonomi yang dilakukan pemerintah saat ini baik ditingkat nasional maupun lokal.

"Ini berimbas kepada tidak adanya kedaulatan secara ekonomi dan membuat rakyat semakin terjerembab dalam kemiskinan. Karenanya Front Buruh Rakyat Sumsel Bersatu yang terdiri dari berbagai macam gerakan demokratik (Buruh, Mahasiswa, Kaum Miskin Kota dll) melakukan aksi massa ini," terangnya.

Source : http://www.sumeks.co.id/index.php/metro/2947-ribuan-buruh-tuntut-ump-naik