Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Wednesday 29 October 2014

Waspadai Perang Proxy War



PALEMBANG - Korem 044/Garuda Dempo mengajak organisasi persatuan Purnawirawan TNI untuk menanggulangi bahaya proxy war. Ajakan ini disampaikan Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo, Kolonel Inf Suko Basuki saat coffee morning dengan rganisasi  purnawirawan TNI dan Polri  di Makorem 044/Gapo, Rabu (29/10).

“Sosialisasi kepada organisasi keluarga besar TNI ini dinilai penting. Sebab proxy war merupakan perang antara dua pihak yang tidak saling berhadap-hadapan namun menggunakan pihak ketiga,” ujar Danrem 044/Gapo, Kolonel Inf Suko Basuki.

Orang nomor satu di Korem 044/ Gapo ini menegaskan, ancaman paling berbahaya yang diterima Indonesia saat ini justru perang lewat budaya dan perkembangan teknologi. “Perang yang kita hadapi saat  ini melalui pihak ketiga lewat berbagai aspek. Perang bukan lagi adu alutsista namun lewat perkembangan teknologi,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, telah bermain perebutan pangan, energi, SDA, dan lainnya. Disamping itu, pada era globalisasi saat ini juga terdapat ancaman demokratisasi, HAM, lingkungan hidup dan terorisme. “Perang dalam tiga tahun terakhir juga dilatar belakangi perebutan energi. Nah, Indonesia saat ini menjadi daya tarik asing khususnya di bidang pangan dan energy,” ungkapnya.