Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Monday 3 November 2014

Bubur untuk 5 Ribu Warga


PALEMBANG - Desak-desakan dan antrean panjang menghiasi halaman rumah ketua pengajian Majelis Taklim Raudhatul Ilmi Palembang, H Taufik Hasnuri. Senin (3/11), di sana digelar tradisi bagi-bagi bubur Asyura.

Panitia menyiapkan 10 panci besar bubur yang sengaja dimasak untuk dibagikan kepada warga sekitar. Tapi, yang datang juga banyak dari kecamatan lain, seperti Jakabaring dan Ilir Barat II.

Masyarakat ingat betul tradisi itu sehingga rela datang dari jauh. “Sebenarnya memang dibuat dan dibagikan untuk anak yatim.  Tapi karena banyaknya warga yang datang, jadi semuanya dibagikan,” kata H Taufik Hasnuri.

Diungkapnya, tahun ini merupakan tahun ke-13 tradisi itu ia laksanakan. Untuk membuat 10 panci besar bubur Asyura, pihaknya menggunakan 160 kg beras, 70 kg daging sapi, 10 kg daging ayam, 100 kg bawang merah, dan 20 kg bawang putih. “Bubur ini dibuat 10 orang dalam waktu sekitar 8 jam,” imbuhnya.

Bubur yang dihasilkan untuk dibagikan kepada 5 ribu warga. Diakui Taufik, tiap tahun masyarakat yang datang pada momen pembagian bubur Asyura ini selalu bertambah banyak.

Dijelaskannya, banyak manfaat yang didapatkan dari tradisi di hari 10 Muharam itu. Selain mengharapkan pahala, ia merasa lebih dekat dengan anak yatim dan kaum duafa. “Semoga dengan peringatan 10 Muharam ini, Palembang akan lebih aman dan damai,” tuturnya.

Salah seorang warga, Muhtar, mengaku sengaja datang dari Makrayu untuk mendapatkan bubur Asyura. “Mudah-mudahan ikut mendapat berkah di bulan Muharam ini,” katanya.

Dalam acara itu, pemilik catering Rafika, Hj Hoiriah, berpartisipasi dengan memberikan santunan berupa uang kepada anak yatim. Pembagian santunan tersebut akan dilanjutkan hari ini (4/11) di Masjid Taqwa.