Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Wednesday 5 November 2014

Tampilkan Juga Koleksi Zaman Purba


PALEMBANG – Bukti Kota Palembang makin diperhatikan, 22-24 November nanti, akan digelar pameran museum tingkat nasional. Acara ini digelar Kementerian Pariwisata dengan kota pempek sebagai tuan rumahnya. Lokasi pameran dipilih di Jakabaring Sport City (JSC).

Adanya pameran besar itu diungkap Ali Hanafiah, Kepala Museum SMB (Sultan Mahmud Badaruddin) II. “Sudah ada sekitar 320 museum dari sejumlah provinsi se-Indonesia yang akan hadir. Pameran museum kali ini bertemakan Sabuk Nusantara. Setiap museum diminta menampilkan satu koleksinya yang berhubungan dengan masyarakat,” ungkapnya, kemarin (5/11).

Akan ada koleksi zaman manusia purba, dimana manusia belum mengerti baca tulis, yang ikut dipamerkan dalam pameran tersebut. Usia peninggalan itu berkisar 1,5 juta tahun silam.

Dari Museum SMB II, akan menampilkan koleksi Lumpai dengan menggunakan huruf Ulu atau biasa disebut dengan istilah Kaganga. “Lumpai itu ditulis di atas bambu. Setiap bambu harus ada kaitnya sebagai penyambung antara bambu yang satu dengan yang lain,” tuturnya.

Yang ditulis lebih mengenai ketuhanan dan ilmu agama. Menurut Ali, Lumpai ini salah satu koleksi Museum SMB II yang usianya ratusan tahun. Dari semua museum,  hanya Museum SMB II yang punya.

Pada zaman dahulu, Lumpai sering dikaitkan pada ayunan bayi. Intinya, untuk menunjukkan betapa pentingnya ilmu agama sehingga diajarkan sejak kecil. Pameran museum itu nantinya terbuka untuk umum. Museum SMB II, yang juga ikut serta dalam pameran itu, berada pada urutan 32.

“Pameran ini memang telah menjadi agenda tahunan. Tujuannya untuk tukar-menukar informasi dan memamerkan koleksi dari masing-masing museum di Indonesia. Ini juga untuk menunjukkan betapa kayanya budaya Indonesia,” tukas Ali.