Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja Al-Haj, Sultan Palembang Darussalam


Laman rasmi SMB III www.sultanpalembang.com



Thursday 30 October 2014

Taman Baca tiap Kecamatan


PALEMBANG – Dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda, Badan Arsip, Perpustakaan, dan Dokumentasi (Banpusdok) Kota Palembang menggelar aneka lomba di halaman Museum SMB II. Ada lomba menghafal teks Sumpah Pemuda, presenter, busana adat, mengarang, baca puisi, karya tulis, dan lainnya.

    “Perlombaan ini diikuti para murid TK hingga perguruan tinggi,” kata Kepala Banpusdok Palembang, Asmawati, kemarin (30/10). Melalui berbagai perlombaan ini, pihaknya mengajak para pemuda bangkit dan meningkatkan kualitasnya guna mengisi pembangunan ke arah yang positif.

Menurut Asmawati, salah satu cara generasi muda meningkatkan kualitasnya yakni dengan banyak membaca. Dan buku adalah jendela dunia. Setiap Sabtu dan Minggu, Banpusdok membuat semacam taman baca dengan menghadirkan mobil baca keliling di kawasan Kambang Iwak.

“Ada sekitar 300 buku yang dibawa dalam mobil baca keliling itu,” ujarnya. Pada November besok, akan ada tambahan satu mobil baca keliling yang akan menjangkau taman-taman di Metropolis. Siapa pun boleh membaca buku-buku yang tersedia.

Di perpustakaan daerah, ada 20 ribuan koleksi buku. Pengunjungnya dari hari ke hari terus bertambah. “Kami menggalakkan taman bacaan yang harus ada di setiap kecamatan. Tentunya secara bertahap. Sementara ini, sudah ada di Kelurahan 3-4 Ulu (Seberang Ulu I) dan Kecamatan Sako,” tutur Asmawati.

Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Investasi, Sudirman Teguh mengatakan, melalui berbagai lomba memperingati Hari Sumpah Pemuda, diharapkan dapat meningkatkan rasa kebangsaan di kalangan pemuda. “Sebagai kota yang berkembang pesat, yang dibutuhkan Palembang adalah sumber daya manusia (SDM) berkualitas,” tukasnya.